Ketentuan umum

From Help

(Difference between revisions)
Jump to: navigation, search
(Diskripsi & Listing)
(rv ke {{Ketentuan Umum}})
Line 40: Line 40:
*Ketentuan diatas juga berlaku untk Seller yang tidak menyerahkan item / barang yang dilisting. Buyer juga dapat melakukan tahapan serupa.
*Ketentuan diatas juga berlaku untk Seller yang tidak menyerahkan item / barang yang dilisting. Buyer juga dapat melakukan tahapan serupa.
-
==Diskripsi & Listing==
+
==Listing==
-
*Yang dimaksud dengan listing adalah proses mendaftarkan barang untuk dijual baik dengan format lelang maupun dengan harga pasti. Beberapa ketentuan dalam listing:
+
{{Ketentuan umum listing}}
-
 
+
-
*Barang yang dilisting haruslah barang yang legal untuk diperjualbelikan dan barang-barang yang memenuhi ketentuan kintamoney.com; *Untuk barang-barang numismatik, dilarang melisting barang-barang yang termasuk kategori berikut ini:
+
-
**Misprint/miscut/misstruck.
+
-
**Uang kertas/koin proof.
+
-
*Seller wajib menerangkan sejelas-jelasnya terkait item yang dilisting pada halaman diskripsi. Hal-hal yang perlu dijelaskan pada item kategori uang kertas antara lain apakah item sudah melalui proses pencucian, press ,cutting, memiliki foxing (tropis), lubang (pin hole), stepless dll. Hal ini untuk menghindari perselisihan antara penjual dan pembeli setelah terjadinya transaksi.
+
-
*Apabila seller ragu akan keaslian suatu item yang dilisting, disarankan untuk membatalkan untuk melisting barang tersebut. Bila barang tersebut tetap akan dilisting, Seller wajib menyertakan keterangan palsu pada dan menerangkan secara lebih detil pada halaman deskripsi barang.
+
-
*Gambar yang tercantum haruslah sama dengan barang yang akan diterima pembeli. Tidak diperbolehkan untuk melisting barang dengan menyebutkan kuantiti stok yang dimiliki sementara pada listing dijual per lembar. Dengan demikian, tidak diperbolehkan untuk mencantumkan kata-kata, contoh "barang yang diterima bisa memiliki nomor seri berbeda dengan gambar".
+
-
*Penjual tidak diperbolehkan untuk mencantumkan alamat baik alamat email, rumah, nomor telepon atau HP dan informasi lainnya pada ruang deskripsi barang yg dilisting yang dapat memungkinkan terjadi komunikasi langsung antara penjual dan pembeli sebelum barang terjual. Pembeli dapat menghubungi penjual melalui fasilitas "kirim pertanyaan ke penjual". Sedangkan alamat dan nomor HP pembeli akan diemailkan ke penjual setelah barang terjual.
+
-
*Harga yang dimasukkan adalah harga untuk keseluruhan lot. Apabila lot Anda terdiri lebih dari satu item barang, maka harga yang dimasukkan adalah harga keseluruhan item (harga lot), bukan harga per item barang.
+
-
*Transaksi jual beli adalah per lot, tidak diperbolehkan untuk membeli sebagian lot saja.
+
-
*Asuransi Paket Kiriman
+
-
**Pada setiap diskripsi item, seller wajib menawarkan kepada buyer tentang asuransi paket kiriman dan buyer sepenuhnya mempunyai hak untuk menerima atau menolak asuransi paket kiriman yang dimaksud, tentunya dengan konsekuensi tertentu.
+
-
**Besarnya asuransi paket kiriman menjadi beban buyer yaitu dengan menambahkan ongkos kirim paket
+
-
**Bila buyer tidak menghendaki asuransi paket kiriman maka seandainya terjadi hilangnya paket diakibatkan oleh jasa pengiriman, maka buyer hanya mendapatkan penggantian sebesar ketentuan dari masing-masing jasa pengiriman paket yang digunakan.
+
-
**Bila terjadi kehilangan paket, maka kewajiban seller untuk mengurus claim penggantian maupun claim asuransi dari paket yang hilang.
+
-
 
+
==Return Policy==
==Return Policy==
Kebijaksanaan tentang pengembalian barang bila buyer menggangap item yang dibeli tidak sesuai dengan diskripsi merupakan mandatory (keharusan) bagi seller untuk mencantumkan di diskripsi bahwa barang bisa dikembalikan. Buyer berhak mengembalikan barang yang dibeli bila dianggap tidak sesuai dengan diskripsi dan ongkos kirim pengembalian barang ditanggung pembeli dan bila ketidak-samaan dengan diskripsi karena kesalahan Seller, maka ongkos pengembalian ditanggung oleh Seller. Seperti, misal : Seller salah mengirim item; Item yang diterima jauh berbeda dengan diskripsi; dan kejadian sejenisnya.
Kebijaksanaan tentang pengembalian barang bila buyer menggangap item yang dibeli tidak sesuai dengan diskripsi merupakan mandatory (keharusan) bagi seller untuk mencantumkan di diskripsi bahwa barang bisa dikembalikan. Buyer berhak mengembalikan barang yang dibeli bila dianggap tidak sesuai dengan diskripsi dan ongkos kirim pengembalian barang ditanggung pembeli dan bila ketidak-samaan dengan diskripsi karena kesalahan Seller, maka ongkos pengembalian ditanggung oleh Seller. Seperti, misal : Seller salah mengirim item; Item yang diterima jauh berbeda dengan diskripsi; dan kejadian sejenisnya.

Revision as of 02:41, 19 May 2011

Menu

Halaman ini memuat beberapa ketentuan umum yang wajib untuk diikuti oleh semua member

menuju ke www.kintamoney.com

Contents

Mekanisme Pendaftaran / Registrasi

  • Click tombol Registrasi dan mengisi formulir yang tersedia dan harus diisi dengan data yang benar kemudian click tombol "Register" yg berada dibagian paling bawah dari fromulir pendaftaran: a. Nama dan Alamat akan digunakan sebagai alamat pengiriman barang sewaktu melakukan pembelanjaan. b.No. Telphone sebagai keharusan bila dalam pengiriman barang digunakan ,seperti TIKI / JNE / Pos kilat terdaftar diharuskan mencantumkan nomer telphone / HP. Bila tidak dicantumkan, paket akan dikirm dengan Regular. c. Nomer rekening (Bca / Mandiri) : untuk konfirmasi dan verifikasi
  • -Secara otomatis akan terkirim email ke alamat email pendaftar untuk aktivasi account. email tersebut berisi password sementara, disarankan segera log in dan mengganti password karena password bersifat case sensitive. Disarankan juga mendaftar di forum di alamat forum.kintamoney.com . Sampai tahap ini pendaftar belum diperbolehkan untuk melakukan aktivitas bidding sampai nomor rekening bank selesai diverifikasi.

Note :Terkadang gmail/yahoo menganggap email dari kintamoney sebagai "spam". Apabila Anda merasa seharusnya sudah mendapatkan email dari kami, tapi ternyata belum, cobalah periksa spam folder. Apabila ada email dari kintamoney masuk ke spam, segera klik "Not spam" dan tambahkan alamat email customercare@kintamoney.com di contact list/address book Anda agar supaya email berikutnya dari kami dapat langsung masuk ke Inbox. Bila ternyata belum mendapatkan email untuk aktivasi account, kirim ulang email aktivasi dengan men-click menu "registrasi" dan isi kolom paling bawah dari formulir registrasi dengan alamat email anda dan click "kirim ulang". Dengan melakukan langkah ini akan terkirim lagi email untuk aktivasi pada email anda dan lakukan pada tahapan point 2.

  • Verifikasi nomer rekening akan dilakukan admin, setelah mendapatkan nomer rekening pendaftar sebagai nomer rekening yang valid, kami segera meng-confirm dengan mengirim email untuk memberitahukan bahwa pendaftar dapat melakukan aktifitas bidding dengan batasan bidding yang ditentukan. Pada tahap ini, pendaftar resmi sebagai anggota www.kintamoney.com namun belum sebagai "Verified Member"
  • Anggota yang telah memenuhi tahapan sebagai Verified member, ketentuan pembatasan sebagai member dicabut, artinya anggota telah tidak mempunyai batasan jumlah lots yang diperbolehkan untuk di Bid, dapat mengajukan permohonan sebagai Seller,dll

Pembayaran & Pengiriman barang

  • Setelah item terjual, penjual wajib untuk memberikan tagihan berupa total yang harus dibayar pembeli termasuk ongkos kirim sesegera mungkin setelah terjadinya transaksi. Usahakan invoice/tagihan dikirim dalam tempo 24 jam setelah transaksi atau selambat-lambatnya 3 hari setelah terjadinya transaksi. Alamat kirim, nomor telepon, dan alamat email pembeli dikirimkan lewat email kepada penjual secara otomatis setiap suatu item terjual, tapi ada baiknya jika penjual juga mengkonfirmasi ulang alamat kirimnya kepada pembeli sewaktu mengirim invoice. Apabila pembeli menghendaki barang jangan dikirim dulu atau untuk menggabungkan pengiriman dengan item-item lainnya dari penjual tersebut, maka pembeli harus menginformasikan hal itu kepada penjual terlebih dahulu.

Catatan  : Bila pembeli dari luar Indonesia maka sebagai keharusan pembayaran melalui PayPal. Sewaktu mengirimkan invoice, perlu ditentukan sistim pembayaran Paypal dengan menggunakan Personal Payment, sehingga penjual tidak terkena beban biaya Paypal yang biasanya sebesar 3,5%- s/d 4 %. Bahkan ada baiknya sebelum mengirimkan invoice melakukan komunikasi lewat "KM"_Kintamoney Message guna menekankan sistim pembayaran via paypal dengan Personal Payment.

  • Paket barang yang dikirim dari penjual ke pembeli dalam negeri diharuskan untuk menggunakan jasa pengiriman TIKI atau TIKI JNE atau Pos Indonesia tercatat. Ketiga jasa pengiriman ini dipilih karena memiliki fitur nomor lacak (tracking number), sehingga penjual dan pembeli dapat melacak paket di situs web dari masing-masing perusahaan jasa pengiriman tersebut untuk mengetahui status paket tersebut.
  • Penjual diharuskan untuk mengirimkan paket selambat-lambatnya 4 hari kerja setelah pembayaran dilakukan. Waktu maksimum 4 hari ini dikenal dengan istilah handling time atau waktu yang dibutuhkan pihak penjual (seller) dari hari diterimanya pembayaran sampai dengan hari barang diserahkan ke jasa pengiriman. Apabila hal ini tidak dipatuhi maka kami akan memberikan catatan terhadap penjual bersangkutan. Penjual dapat dikenakan sanksi dari ringan sampai berat (dikeluarkan dari keanggotaan) tergantung jenis pelanggaran yang dilakukannya. Pengecualian diberikan atas permintaan pembeli untuk menggabungkan pengiriman barang-barang yang dibeli yang diistilahkan dengan "combining shipping". Dengan combining shipping barang dari listing satu ke listing berikutnya akan dikirim sekaligus atas kesepakatan antara penjual dan pembeli. Hal ini dilakukan untuk meringankan beban ongkos pengiriman sebagai kewajiban dari pembeli.
  • Pembeli diwajibkan untuk melakukan pembayaran selambat-lambatnya 3 hari kerja setelah masa lelang dari suatu barang berakhir (auction) atau setelah pembeli melakukan pembelian buy now, namun disarankan kepada pembeli untuk melakukan pembayaran sesegera mungkin dan diusahakan dalam waktu 24 jam setelah menerima invoice/tagihan. Bila pembeli menghendaki penggabungan pengiriman dengan item yang akan di beli pada auction berikutnya dari seller yang sama ( agar ongkos kirim lebih murah), sewaktu melakukan pembayaran invoice sekaligus diberitahukan ke seller agar menahan barang yang dibeli (dimenangkan) sampai waktu tertentu.
  • Besarnya ongkos kirim disesuaikan dengan daftar ongkos kirim dari perusahaan jasa pengiriman masing-masing. Karena tarif ongkos kirim dari ketiga perusahaan jasa pengiriman tersebut sangat bervariatif dan untuk memudahkan penjual dalam menetapkan tarif ongkos kirim, penjual diperbolehkan untuk menggunakan "flat rate" dalam negeri dengan maksimum Rp 20.000 per pengiriman di bawah 1 Kg. Angka tersebut dianggap ideal sebagai jalan tengah tarif dalam negeri yang range tarifnya tercatat berkisar antara Rp 11.000 sampai dengan Rp 45.000.
  • Saat paket terkirim, penjual wajib memberitahukan kepada pembeli bahwa barang sudah terkirim disertai dengan tracking number dan hasil scan dari slip bukti pengiriman apabila diminta pembeli. Penjual juga wajib menandai item tersebut telah terkirim melalui menu "mark as shipped" atau "tandai item terkirim". Selanjutnya penjual wajib memberikan tanggapan (feedback) untuk pembeli. Tanggapan penjual kemudian akan ditambahkan ke total angka feedback pembeli. Total angka feedback pembeli dapat dilihat dari angka dalam tanda kurung di belakang userid pembeli.
  • Saat paket diterima, pembeli wajib memberitahukan kepada penjual bahwa paket sudah diterima dengan baik. Hal ini dilakukan dengan memilih menu "tandai paket sudah diterima" atau "mark as received" di halaman item yang bersangkutan. Menu ini berada di dalam menu lain-lain. Pembeli kemudian wajib untuk memberikan tanggapan (feedback) kepada penjual. Setiap feedback yang diberikan kepada penjual akan menambah poin penjual yang dapat dilihat dari angka dalam tanda kurung di belakang userid penjual.
  • Transaksi di www.kintamoney.com sepenuhnya merupakan tanggung jawab antara penjual dan pembeli. Apabila terjadi perselisihan (dispute), usahakan semaksimal mungkin untuk diselesaikan antara penjual dan pembeli. Apabila perselisihan masih belum bisa diselesaikan, pihak kintamoney.com akan bertindak sebagai penengah dan keputusan kintamoney.com adalah mengikat kedua belah pihak dan bersifat final.

Barang Tidak Terbayar

  • Setelah selesainya periode listing suatu barang atau Buy Now, pada prinsipnya bahwa Seller wajib menyerahkan barang sesuai dengan tingkat harga yang terjadi, begitu pula sebaliknya pihak buyer berkewajiban menyelesaikan pembayaran.
  • Apabila buyer tidak melakukan kewajibanya sesuai dengan ketentuan yang ada dan telah melewati batas waktu penagihan maka pihak seller mengulangi lagi mengirim invoice tagihan yang disertai dengan copy ketentuan kintamoney.com ttg kewajiban pembayaran dan diberikan waktu paling sedikit 2 x 24 jam dan disertai anaman bahwa bila tidak menyelesaikan kewajiban maka seller akan mengadukan / menyerahkan kepada management kintamoney.com. Hal ini sekaligus merupakan peringatan kedua bagi buyer untuk menyelesaikan kewajibannya.
  • Bila ternyata buyer tetap tidak menanggapi peringatan kedua tersebut, seller wajib memberitahukan tetang buyer tersebut beserta data-datayang lengkap.
  • Melalui data yang kami terima, kami akan mengirimkan peringatan terakhir kepada buyer untuk embayar, dan ternyata bila peringatan terakhir dari kami juga tidak mendapatkan tanggapan, maka kami akan mengeluarkan buyer yang bersangkutan dari keanggotaaan kintamoney.com
  • Setelah kami proses lanjutan dengan emn"suspend" buyer dari keanggotaan, maka seller tidak akan dikenakan listing fee dan final value fee dari item yang tidak diselesaikan kewajibanya oleh pihak buyer. Bila laporan seller ke pihak kintamoney melebhi 15 hari dari tanggal transaksi maka kami anggap hangus, dalam arti kami tidak akan mngembalikan listing fee dan final value fee sebagai kewajiban seller, namun kami masih tetap memproses sanksi buyer sesuai denganketentuan.
  • Ketentuan diatas juga berlaku untk Seller yang tidak menyerahkan item / barang yang dilisting. Buyer juga dapat melakukan tahapan serupa.

Listing

Yang dimaksud dengan listing adalah proses mendaftarkan barang untuk dijual baik dengan format lelang maupun dengan harga pasti. Beberapa ketentuan dalam listing:

  • Barang yang dilisting haruslah barang yang legal untuk diperjualbelikan dan barang-barang yang memenuhi ketentuan kintamoney.com; Untuk barang-barang numismatik, dilarang melisting barang-barang yang termasuk kategori berikut ini:
    • Misprint/miscut/misstruck.
    • Uang kertas/koin proof.
  • Seller wajib menerangkan sejelas-jelasnya terkait item yang dilisting pada halaman diskripsi. Hal-hal yang perlu dijelaskan pada item kategori uang kertas antara lain apakah item sudah melalui proses pencucian, press ,cutting, memiliki foxing (tropis), lubang (pin hole), stepless dll. Hal ini untuk menghindari perselisihan antara penjual dan pembeli setelah terjadinya transaksi.
  • Apabila seller ragu akan keaslian suatu item yang dilisting, disarankan untuk membatalkan untuk melisting barang tersebut. Bila barang tersebut tetap akan dilisting, Seller wajib menyertakan keterangan palsu pada dan menerangkan secara lebih detil pada halaman deskripsi barang.
  • Gambar yang tercantum haruslah sama dengan barang yang akan diterima pembeli. Tidak diperbolehkan untuk melisting barang dengan menyebutkan kuantiti stok yang dimiliki sementara pada listing dijual per lembar. Dengan demikian, tidak diperbolehkan untuk mencantumkan kata-kata, contoh "barang yang diterima bisa memiliki nomor seri berbeda dengan gambar".
  • Penjual tidak diperbolehkan untuk mencantumkan alamat baik alamat email, rumah, nomor telepon atau HP dan informasi lainnya pada ruang deskripsi barang yg dilisting yang dapat memungkinkan terjadi komunikasi langsung antara penjual dan pembeli sebelum barang terjual. Pembeli dapat menghubungi penjual melalui fasilitas "kirim pertanyaan ke penjual". Sedangkan alamat dan nomor HP pembeli akan diemailkan ke penjual setelah barang terjual.
  • Harga yang dimasukkan adalah harga untuk keseluruhan lot. Apabila lot Anda terdiri lebih dari satu item barang, maka harga yang dimasukkan adalah harga keseluruhan item (harga lot), bukan harga per item barang.
  • Transaksi jual beli adalah per lot, tidak diperbolehkan untuk membeli sebagian lot saja.
  • Asuransi paket kiriman
    • Pada setiap deskripsi item, seller wajib menawarkan kepada buyer tentang asuransi paket kiriman dan buyer sepenuhnya mempunyai hak untuk menerima atau menolak asuransi paket kiriman yang dimaksud, tentunya dengan konsekuensi tertentu.
    • Besarnya asuransi paket kiriman menjadi beban buyer yaitu dengan menambahkan ongkos kirim paket.
    • Bila buyer tidak menghendaki asuransi paket kiriman maka seandainya terjadi hilangnya paket diakibatkan oleh jasa pengiriman, maka buyer hanya mendapatkan penggantian sebesar ketentuan dari masing-masing jasa pengiriman paket yang digunakan.
    • Bila terjadi kehilangan paket, maka kewajiban seller untuk mengurus klaim penggantian maupun klaim asuransi dari paket yang hilang.

Return Policy

Kebijaksanaan tentang pengembalian barang bila buyer menggangap item yang dibeli tidak sesuai dengan diskripsi merupakan mandatory (keharusan) bagi seller untuk mencantumkan di diskripsi bahwa barang bisa dikembalikan. Buyer berhak mengembalikan barang yang dibeli bila dianggap tidak sesuai dengan diskripsi dan ongkos kirim pengembalian barang ditanggung pembeli dan bila ketidak-samaan dengan diskripsi karena kesalahan Seller, maka ongkos pengembalian ditanggung oleh Seller. Seperti, misal : Seller salah mengirim item; Item yang diterima jauh berbeda dengan diskripsi; dan kejadian sejenisnya.

Fasilitas Kintamoney Message

  • Fasilitas mengirim pesan yang terdapat di setiap item yang disebut Kintamoney Message atau Kirim berita atau kita singkat dengan "KM", hanya dapat digunakan pembeli untuk menanyakan perihal item ybs atau items lainya dari seller bersangkutan. Hal yang sama juga berlaku kepada penjual. Setiap pertanyaan dari pembeli hanya dijawab oleh penjual sesuai pertanyaan yang berhubungan dengan item yang dilisting atau menanyakan hal-hal yang berhubuungan dengan diskripsi,seperti : Ongkos pengiriman; Nama Bank yang digunakan; Jasa pengiriman yang dipakai; dll. P
  • Penjual dilarang untuk menginformasikan hal-hal,seperti memberikan alamat Email; No. Hp.; alamat rumah;dll
  • Dilarang keras bernegosiasi apapun pada messege ini, lebih-lebih membicarakan tentang item diluar kintamoney.com, hal tersebut merupakan pelanggaran keras. Bila terjadi kami berikan sanksi, dari sanksi blocking 3 bulan tidak dapat beraktifitas, sampai dengan penghentian sebagai anggota kintamoney.com.Sanksi akan diberikan untuk pelanggaran ketentuan ini. Fasilitas untuk mengirim pesan dapat diakses di setiap halaman item dengan mengklik tombol "kirim pertanyaan ke penjual".
  • Bila setelah terjadi transaksi dan antar anggota telah mendapatkan contact address, seperti email; Hp; dll maka bila terjadi transaksi diluar kintamoney.com antar keduanya atau lebih, hal tersebut sepenuhnya (100%) hak para anggota, asalkan tidak menggunakan fasilitas kintamoney untuk bertransaksi tentang barang diluar kintamoney.com
  • User yang dikirimi pesan akan melihat tanda bahwa ia menerima pesan baru dengan indikator berupa pemberitahuan di bagian atas halaman yang berkedip.
  • System kami memonitor setiap lalu-lintas komunikasi antar anggota pada Kintamoney Message "KM"

Shout Box

  • Shout Box dapat digunakan komunikasi antar anggota untuk saling membagi pengetahuan tentang numismatic; perangko; Dokumen dan category lainya yang ada pada listing kintamoney.com
  • Shout Box dapat digunakan komunikasi antar anggota untuk memperlancar jalanya ransaksi, seperti misal : informasi seller tentang barang telah dikirim dengan no resi tertentu; informasi akan melisting barang sekaligus informasi bagi semua anggota; dll
  • Shout Box dapat digunakan komunikasi ang bernada canda-ria sebatas norma sosial dan ketentuan kintamoney.com
  • Dilarang keras memberikan informasi tentang barang diluar kintamoney.com yang mengarah pada ajakan transaksi diluar kintamoney.com
  • Dilarang mencantumkan Email address; Alamat; No. Hp; mencantumkan Link; dll

Mekanisme menjadi seller

Mekanisme menjadi seller di web www.kintamoney.com:

  • Mendaftar sebagai anggota www.kintamoney.com. Dalam pendaftaran sebagai keharusan untuk menyertakan nomer rekening Bank BCA/Mandiri
  • Calon seller mengajukan beberapa orang teman numismatist/filatelist Indonesia ke kintamoney.com melalui email atau fasilitas "contact us". Akan lebih baik bila salah satu dari daftar orang yang diajukan adalah sudah berstatus seller di www.kintamoney.com
  • Dari beberapa nama yang diajukan, pengurus web akan memilih satu orang yang dikenal untuk memberikan rekomendari bagi calon seller. Informasi ini kemudian akan disampaikan kepada calon seller. Kemudian calon seller menghubungi pemberi rekomendasi agar mengirim email ke kintamoney.com yang intinya memberikan rekomendasi kepada seorang calon seller untuk menjadi salah satu seller di kintamoney.com
  • Setelah email rekomendasi diterima dan Rekening Bank akan diverifikasi tentang kebenaran no rekening. Apabila No rekening bank dinyatakan valid, maka calon seller akan dibuka username nya menjadi seller dan akan diinformasikan melalui email.

Jenis-Jenis Seller

  • Seller Biasa adalah Seller yang baik melisting secara rutine maupun tidak rutine yang tidak memiliki link langsung ke item yang di upload dan juga tidak memiliki kewajiban listing (target) yang ditetapkan kintamoney.com
  • Super Seller adalah Seller yang memiliki link langsung ke daftar listing item pada seller bersangkutan.
    • Link Super Seller ditempatkan di bagian atas pada setiap halaman
    • Dibebankan biaya setiap bulanya sebesar Rp30.000
    • Link langsung menuju ke daftar lots yang di listing, baik yang Auction-Style Format (Lelang); Fixed Price (Buy Now); Best Offer; dll

dan semua jenis listing tersebut juga terlihat dalam daftar listing untuk semua kategory.

  • Top Seller adalah Jenis kepangkatan seller yang telah mencapai target tertentu sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.
    • Top Seller Perunggu (Bronze)  : Top Seller yang memiliki > 1.000 Feedback dari hasil penjualanya yg 1.000 lots ( Bintang kuning )
    • Top Seller Perak (Silver)  : Top Seller yang memiliki > 3.000 Feedback dari hasil penjualanya yg 1.000 lots ( Bintang merah )
    • Top Seller Emas (Gold)  : Top Seller yang memiliki > 8.000 Feedback dari hasil penjualanya yg 1.000 lots ( Bintang hijau )
    • Top Seller Platina (Platinum) : Top Seller yang memiliki > 15.000Feedback dari hasil penjualanya yg 1.000 lots ( Bintang Perak )

( Seller yang memperoleh lebih dari 1.000 Feedbacks tapi masih beum sepenuhnya dari hasil penjualanya, maka diberi tanda Matahari, dalam perjalanan waktu bila teah teakumulasi mencapai 1.000 Feedbacks dari hasil penjualanya, maka tanda Matahari akan diganti dengan tanda Bintang )

Penjelasan Super Seller dan Potential Seller

SETIAP ANGGOTA MEMILIKI KESEMPATAN YANG SAMA UNTUK MENJADI SUPER SELLER.

  • Pada prinsipnya,Super Seller dan Potential Seller adalah sama. Untuk perbedaanya dapat dilihat keterangan diatas.
  • Super Seller hanya terdiri dari 26 Sellers sedangkan untuk Potential Seller dapat terdiri dari sebanyak-banyaknya seller_tak terbatas_ dengan syarat memenuhi ketentuan sebagai Potential seller yang telah ditetapkan. (Baca topic "potential Seller")
  • Daftar kelompok Potential Seller ditempatkan pada halaman khusus. Untuk akses di halaman ini dengan menggunakan tombol yang ditempatkan pada bagian paling kiri (Bawah) dari daftar super Seller.
  • Setiap bulan, Super Seller akan dievaluasi performance nya sebagai seller, yaitu dari segi Total lots yang di listing; Total sales yang dapat dicapai pada bulan tertentu serta pelanggaran dan bobot pelanggaran yang dilakukan
  • Dari evaluasi performance Super Seller, akan menghasilkan rangking Super Seller, yaitu Ranking 1 sampai dengan Ranking 26 (Sesuai dengan jumlh Super Seller yang ada).
  • Pada bulan tertentu, Super Seller yang mendapatkan ranking 25 dan 26 (2 ranking terendah), maka bulan berikutnya akan ter-Degradasi masuk ke kelompok Potential Seller pada bulan berikutnya.
  • Dua tempat yang ditinggalkan Super Seller ranking 25 dan 26, akan digantikan oleh 2 Potensial seller yang menduduki ranking 1 dan 2 dengan cara menawarkan tempat tersebut. Karena mengandung konsekwensi tuntutan target minimum sebagai Super Seller dan Biaya per bulanya, maka apabila ditolak selanjutnya ditawarkan pada ranking berikutnya, misal rangking 3, dan seterusnya. Konsekwensi penerimaan sebagai super seller adalah disamping target 100 Lots per bulanya, Biaya yang dibebankan sebesar Rp30.000. Begitu pula sebaliknya, 2 Super Seller (ranking 25 dan 26) yang ter-Degradasi memiliki konsekwensi untuk ketentuan sebagai Potential seller, yaitu target minimum yang tadinya 100 Lots menjadi 50 Lots dan biaya per bulan yang tadinya Rp30.000 menjadi Rp15.000
  • Bila pada evaluasi bulan berikutnya ternyata Super Seller yang bulan lalu terdegradasi (Ranking 25 dan 26)menduduki ranking 1 dan 2 dalam kelompok Potential Seller, maka bulan berikutnya mendapat kesempatan lagi untuk kembali menduduki kursi yang ditinggalkan pada bulan sebelumnya. Begitu seterusnya, sehingga SETIAP ANGGOTA MEMILIKI KESEMPATAN YANG SAMA UNTUK MENJADI SUPER SELLER.
  • Prinsip dasar evaluasi : Ranking total Sales dari yang tertinggi sampai dengan terendah (26 ranking). Bila terdapat 2 Seller atau lebih memiliki total sales yang sama besarnya, maka akan dibaringkan dengan total feedback yang dimilikinya. Feedback tertinggi diantara Super Seller yang mendapat total sales sama akan mengambil kedudukan ranking nya.Disamping dibaringkan pada total feedback, juga fastor pelanggaran yang dilakukanya sebagai pengurang nilai dalam evaluasi.
  • Sebagai permulaan guna menerapkan mekanisme tersebut diatas, maka pada bulan pertama kami tawarkan ke Seller yang menurut penilaian kami dari launching sampai dengan sekarang atas performancenya dan pengetahuan kami tentang seller bersangkutan dengan memberi tawaran sebagai Super Seller awal.

Top Seller & Top Super Seller

  • Top Seller merupakan pangkat seller yang memenuhi persyaratan sebagai berikut
    • Mendapatkan Feedback minimal 1.000 Feedback dari hasil penjualan(1.000 lots terjual)
    • Target minimal total Sales (Rp) per bulan (Besarnya ditentukan kemudian)
    • Target listing minimal rata-rata 75 lots per bulan (Dihitung rata-rata 3 bulan)
    • Nilai feedback dari ke-empat categories minimal 99.00 %
    • Kasus perselisihan antara Buyer dan Seller yang tidak dapat diselesaikan antar keduanya, tidak lebih dari 2 kasus / per bulan
    • Pelanggaran terhadap policy, tidak lebih dari 2 pelanggaran per bulan
  • Top Super Seller, Pada dasarnya Top Super Seller sama dengan Top Seller
    • Mendapatkan feedback minimal 1.000 feedback dari hasil penjualan (1.000 lots terjual)
    • Target minimal total sales (Rp) per bulan (Besarnya ditentukan kemudian)
    • Nilai feedback dari ke-empat categories minimal 99.20 %
    • Target listing minimal rata-rata 150 lots per bulan (Dihitung rata-rata 3 bulan)
    • Bergabung sebagai super seller (Lihat super seller)
    • Kasus perselisihan antara Buyer dan Seller yang tidak dapat diselesaikan antar keduanya, tidak lebih dari 2 kasus / per bulan
    • Pelanggaran terhadap policy, tidak lebih dari 2 pelanggaran per bulan

Feedback atau tanggapan

  • Setelah transaksi suatu barang selesai dilakukan, penjual dan pembeli wajib untuk saling memberikan feedback (tanggapan) pada setiap barang yang ditransaksikan. Bila anggota tidak memberikan feedback dalam kurun waktu tertentu maka anggota bersangutan tidak dapat melakukan aktifitas (seperi bid barang; upload item bagi seller), sampai anggota yang bersangkutan menyelesaikan pemberian feedback yang diwajibkan
  • Total angka feedback akan muncul di belakang nama dan menunjukkan berapa banyak transaksi yang sudah dilakukan user tersebut.

Shill Bidding

Shill Bidding adalah suatu tindakan dengan melakukan penawaran (bid) terhadap barang yang dilelang dengan maksud untuk meningkatkan harga barang demi keuntungan sepihak. Shill bidding ini umumnya dilakukan oleh orang yang dekat dengan si penjual barang seperti kawan atau teman kerja dan anggota keluarganya atau bahkan si penjual itu sendiri. Hal ini kami anggap sebagai tindakan yang melanggar aturan main lelang dan tindakan tidak "fair”. Apabila terjadi tindakan shill bidding, maka kami akan memberikan sanksi keras seperti menghapus barang yang dilelang, memberikan larangan tidak boleh menjual atau membeli dalam kurun waktu tertentu serta mencopot keanggotaan untuk masa waktu yang tidak ditentukan.

Catatan: kami akan memonitor dengan program kami setiap tindakan bidding pada barang yang dilelang.

Waktu

menuju ke www.kintamoney.com

Waktu standar yang dipakai di lelang adalah menurut Waktu Indonesia Barat (WIB) (UTC+7).

Personal tools