Omron Rings

From Help

(Difference between revisions)
Jump to: navigation, search
Stanley (Talk | contribs)
(Created page with ":{{daftar artikel}} Omron Rings pada pecahan 10.000 emisi 2010 Ketika kita melihat uang kertas 10.000 Rupiah emisi 2010, sekilas...")
Newer edit →

Revision as of 03:41, 30 March 2011

Lihat daftar artikel.
Omron Rings pada pecahan 10.000 emisi 2010

Ketika kita melihat uang kertas 10.000 Rupiah emisi 2010, sekilas kita melihat beberapa perbedaan. Perbedaan yang paling mencolok tentunya adalah warnanya yang berbeda. Maksud utama diterbitkannya emisi 2010 ini oleh Bank Indonesia adalah untuk membedakan pecahan 10.000 dengan pecahan 100.000 yang konon oleh masyarakat sering tertukar. Perbedaan lainnya adalah pada emisi ungu ini memiliki bulatan-bulatan kecil berwarna ungu pada sisi belakang. Bulatan-bulatan ini sebenarnya tidak memiliki istilah resmi karena belum ditemukannya sumber utama yang menyatakan asal muasalnya atau kepemilikannya, namun oleh beberapa sumber dinamai "Omron Rings" (Indonesia: Cincin Omron). Sumber lainnya menamai fitur ini "EURion Constellation" (Indonesia: Konstelasi EURion).

Istilah "Omron rings" dan "EURion constellation" mengacu kepada obyek yang sama - sebuah pola lingkaran-lingkaran kecil, umumnya berwarna kuning yang menjadi populer akhir-akhir ini pada beberapa uang kertas.

Omron warning photoshop.png

Pola Omron Rings digunakan oleh imaging software seperti Adobe Photoshop atau Corel Paint Shop Pro untuk mendeteksi uang kertas. Apabila software digunakan untuk memindai (scan) uang kertas, maka akan muncul sebuah peringatan yang menyatakan bahwa software tidak mendukung pencetakan uang kertas. Software tetap dapat digunakan untuk membuka dan mengedit gambar uang kertas.

Hubungan antara cincin yang satu dengan cincin yang lain didapat melalui sebuah rumus matematika khusus. Software kemudian dapat memeriksa adanya cincin-cincin tersebut di dalam sebuah gambar digital dan membandingkannya dengan rumus tersebut sehingga software kemudian yakin bahwa seseorang sedang mencoba untuk scan, mengambil foto atau untuk mencetak sebuah uang kertas.

Beberapa sumber meyakini Omron Rings dikembangkan oleh sebuah divisi khusus dari sebuah perusahaan asal Jepang bernama Omron Corporation pada tahun 1994. Cincin-cincin tersebut pertama kali dikenal secara luas pada tahun 2002 ketika ditemukan di seri pertama uang kertas Euro, tapi Omron Rings sebenarnya pertama kali digunakan Mark Jerman 1996.

Lihat pula

Personal tools