Beban biaya

From Help

Jump to: navigation, search
menuju ke www.kintamoney.com

Beban biaya atau fee:

Ongkos kirim

Menu
  • Ongkos kirim dalam negri :Ongkos kirim dibebankan kepada pembeli (buyer). Besarnya ongkos kirim ditentukan oleh penjual (seller), dihitung berdasarkan jarak antara penjual dan pembeli serta berat paket yang akan dikirim disesuaikan dengan tarif ongkos kirim dari jasa pengiriman yang digunakan. Jasa pengiriman yang diperbolehkan adalah TIKI - TIKI JNE dan Pos Indonesia Tercatat. Keterangan selengkapnya tentang tarif dari masing-masing jasa pengiriman dapat dilihat di masing-masing situs web jasa pengiriman.
  • Ongkos kirim luar negri (Worldwide shipment) : Pengiriman paket ke luar negri sebagai keharusan menggunakan jasa Pos Indonesia jenis "RR-Luar Negri Tercatat" atau umumnya disebut sebagai "Registered Mail". Sedangkan besarnya ongkos kirim harus sesuai dengan tarif yang ditetapkan Pos Indonesia yang berdasar negara tujuan dan berat paket kiriman.

Bila atas permintaan pembeli atau saran penjual karena alasan tertentu, misal karena harga isi paket relatif besar agar lebih aman, maka dapat menggunakan jenis pengirima EMS (Express Mail Service) yang dapat di trace & track.

Listing fee

Listing Fee atau insertion Fee tidak dikenakan biaya sama sekali (Gratis / Free). Listing adalah tindakan mengiklankan barang (item) yang akan dijual atau dilelang dengan meng-upload kedalam situs kintamoney.com.

Final value fee

Web lelang www.kintamoney.com membebankan biaya penutupan (final value fee) kepada penjual (seller) untuk setiap item barang yang terjual, dengan catatan bila baranag tidak terjula maka tidak dibebankan biaya apapun. Sedangkan pihak Pembeli sama sekali tidak dibebankan biaya apapun. Biaya "Final Value Fee"sebagai berikut: (Bila barang tidak terjual maka tidak dikenakan Fee sama sekalai)

  • Untuk lelang (auction-style format): 3% dari harga penutupan lelang (closing price)
  • Untuk format fixed price (buy now) : 4% dari harga jual yang ditetapkan penjual (seller)
  • Beban biaya tersebut (Final Value Fee)hanya dikenakan pada item (barang) kategory Numismatik dan Exonumia.Untuk lebih memperjelas pengertian uang sbb :Uang sebagai barang numismatik pada dasarnya ada dua jenis yaitu Uang Kartal dan Uang Giral. Uang kartal adalah alat bayar yang sah dan wajib diterima oleh masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli sehari-hari . Uang kartal terdiri dari uang kertas dan uang logam, seperti uang yang beredar di masyarakat.Sedangkan untuk koin yang dimaksud termasuk koin peringatan (commemorative); Buillon- perak batangan; emas batangan. Sedangkan UANG GIRAL adalah pada dasarnya suatu tagihan yang dapat digunakan sewaktu-waktu sebagai alat pembayaran. Bentuk uang giral dapat berupa CEK, GIRO (biljet giro), PROMIS, TELEGRAFIC TRANSFER, termasuk juga OBLIGASIi(Bond), Saham (Stock) dan sejenisnya. Enis kelompok Uang giral ini pada kelompok kategori “Uang Giral”.
    • Sedangkan Exonumia : Merupakan bidang study benda2 yang menyerupai koin,seperti koin-token; medali,dan benda lain yang digunakan sebagai pengganti alat tukar yang sah atau benda yang ditujukan untuk memperingati suatu peristiwa (Komemoratif). Termasuk didalamnya adalah : (1).Elongated-Coin (Medali kecil diameter kuraang dari 1 inch yang dihasilkan dari “roller die” –logam penempa berbentuk roll-menggunakan koin,token atau medali sebagai “planchet-piringan logam dimana die akan menempa-biasanya satu sen).(2).Encased - Coin: Koin yang telah disahkan keaslianya,diberi peringkat/grade dan dibungkus plastik oleh dinas/badan independen.(3).Medali Cinderamata.(4).Peneng atau etiket.(5)Lencana atau tanda pangkat.(6).Counterstamped-coin : Koin atau token yang dicetak tindih sebagian atau seluruhnya untuk mengganti nilainya atau otoritas penerbitnya,atau untuk menampilkan iklan,slogan potilik atau simbol.(7).Wooden-nickles :Token kayu yang diterbitkan oleh perusahaan atau Bank untuk tujuan promosi atau ditukar dengan minum-minumanya digunakan di Amerika Serikat tahun 1930-an.(8).Kartu Kridit / Cridit-Card
  • Seller yang memperoleh lebih dari 1.000 Feedbacks tapi masih belum sepenuhnya dari hasil penjualan dari barang yang terkena Final Value Fee ( karena Feedback juga didapat dari pembelian yang dilakukan dan juga menjual barang yg tidak kena fee) maka diberi tanda Matahari dan seiirng dengan perjalanan waktu bila kemudian telah terakumulasi mencapai 1.000 Feedbacks dari total item yang dibebankan Final Value Fee, maka secara otomatis tanda Matahari akan diganti dengan tanda Bintang. Jadi tanda bintang didapat dari hasil sepenuhnya menjual 1.000 item (lots)yang dikenakan Final Value Fee (Item Numismatic dan Exonumia).
  • Feedback adalah nilai yang didapat atas penjualan atau pembelian barang setiap lot(satuan listing), Feedback (Umpan balik) seller didapat dari buyer begitu juga sebaliknya feedback buyer diperoleh dari seller
  • Seller dengan tanda matahari, karena belum mendapatkan 1.000 feedback hasil penjualanya dari barang yang terkena Final Value Fee, berhak mendapatkan discount 25 % dari Final Value Fee (Seller's fee discount 25 %)
  • Seller dengan tanda Bintang, yaitu telah mencapai 1.000 feedback hasil penjualanya dari barang yang terkena Final value Fee, berhak mendapatkan discount 50% dari Final value Fee (Seller' fee discount 50%)
  • Perolehan feedback terkait dengan hak discount bagi seller adalah feedback diperhitungkan dari item yang dijual dari kelompok kategory yang terkena Final Value Fee. Jadi total lots yang berhasil dijual dari item berkategory Free Final value Fee tidak diperhitungkan untuk perolehan discount Seller's fee 50% tapi berhak mendapatkan 25% discount dari Final Value Fee
  • Bila 1.000 Feedbacks didapat sebelum tanggal 15 pada bulan berjalan, maka pada bulan tersebut sudah diperhitungkan discount seller's fee dan bila 1.000 Feedback didapat pada minggu terakhir pada bulan tertentu maka perhitungan discount dilakukan untuk bulan berikutnya

Highlight

Yang dimaksud dengan highLight adalah memberikan tanda khusus pada item yang dilisting sehingga terlihat menonjol dibandingkan item lainnya, yaitu dengan memberikan warna khusus pada item tersebut. Biaya hightlight adalah Rp 2.000 selama periode listing barang. Untuk menandai item dengan highlight hubungi kintamoney dengan "contact us" dan informasikan nomor item yang dimaksud.

Penagihan

  • Penagihan Seller's fee dilakukan pada bulan berikutnya dalam minggu pertama setiap bulanya dan dikirim ke masing-masing seller melalui email.
  • Seller berkewajiban untuk menyelesaikan pembayaran kepada kintamoney dalam waktu 10 hari. Detail cara pembayaran dijelaskan di tagihan.
  • Apabila sampai tenggang waktu 10 hari seller tidak memenuhi kewajibanya, maka pada hari ke 11 dihitung dari tanggal pengiriman tagihan seller akan diblok untuk sementara waktu sampai seller yang bersangkutan menyelesaikan kewajibanya.
  • Kintamoney akan memberlakukan evaluasi dan memberikan peringatan kepada seller yang terlambat melalukan pembayaran lebih dari dua kali dalam setahun. Kelalaian dalam pembayaran akan dijadikan pertimbangan dalam setiap evaluasi kenaikan tingkatan seller.
  • Apabila dalam penagihan terdapat hal-hal yang diperlukan penyesuaian, misalnya terdapat selisih ataupun ketidaksamaan dalam penagihan, maka gunakan tenggang waktu 10 hari untuk menyelesaikanya.


menuju ke www.kintamoney.com
Personal tools