Feedback

From Help

Jump to: navigation, search
Menu

Feedback atau tanggapan adalah metode penilaian penjual (seller) dan pembeli (buyer) di kintamoney.com; Dengan adanya feedback, dapat diketahui reputasi seseorang. Secara umum semakin tinggi angka feedback, semakin "bereputasi" orang tersebut. Feedback diberikan untuk setiap item dan hanya bisa diberikan ketika item tersebut terjual.

Memberikan feedback merupakan suatu keharusan. Feedback harus diberikan oleh pembeli kepada penjual sesegera mungkin setelah barang diterima. Sebaliknya feedback harus diberikan oleh penjual kepada pembeli sesegera mungkin setelah pembayaran diterima. Keterlambatan dalam pemberian feedback dapat mengakibatkan user diblok dari bidding ataupun listing.

Feedback login.png
Jumlah feedback seseorang dapat dilihat dari angka dalam tanda kurung di belakang user id seperti ditunjukkan dengan tanda panah pada gambar di atas.
Feedback seller.png
Jumlah feedback juga dapat dilihat di dalam tanda kurung di belakang user id dari seller masing-masing item.

Cara untuk memberikan feedback

Feedback hanya dapat diberikan ketika transaksi sudah terjadi dalam arti item sudah berakhir dan terjual. Pembeli dan penjual akan mendapatkan notifikasi atau reminder di bagian atas halaman daftar item seperti gambar di bawah ini. Reminder ini hanya muncul apabila ada feedback yang perlu diberikan. Reminder tidak muncul jika tidak ada feedback yang perlu diberikan.

Feedback reminder.png


Pada gambar di atas, angka "15" dan "1" sebagai contoh itu dapat diklik menuju ke halaman masing-masing activity: "sebagai penjual: item yang belum diberi nilai" dan "sebagai pembeli: item yang belum diberi nilai". Setelah berada di halaman daftar item yang belum diberi nilai, klik item yang ingin diberi nilai. Setelah halaman item muncul, klik tombol "beri penilaian/feedback" seperti pada gambar di bawah ini:

Feedback button.png


Setelah tombol beri penilaian diklik akan muncul halaman untuk pemberian feedback. Untuk halaman pemberian feedback bagi pembeli akan muncul seperti gambar di bawah ini:

Feedback buyer.png
.


Pada halaman pemberian feedback untuk pembeli. Penjual hanya tinggal mengetikkan komentar singkat yang mencerminkan prestasi si pembeli apakah bagus atau tidak. Kemudian setelah itu klik tombol "beri tanggapan". Setelah feedback diberikan, maka 1 angka feedback akan ditambahkan ke pembeli.

Untuk pemberian feedback kepada penjual ada sedikit perbedaan dibandingkan halaman pemberian feedback untuk pembeli. Seperti dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Pembeli perlu memilih terlebih dahulu apakah ingin memberi feedback positif atau netral.

Feedback seller2.png


Setelah memilih positif atau netral, maka akan muncul penilaian tambahan seperti pada gambar di bawah:

Feedback seller3.png


Pembeli perlu mengisi komentar singkat yang mencerminkan prestasi penjual apakah memuaskan atau tidak. Kemudian pembeli perlu menilai 4 kategori yaitu seberapa puaskah pembeli dengan akurasi deskripsi item, komunikasi dengan penjual, waktu handling time dan kewajaran ongkos kirim dengan memilih jumlah bintang pada masing-masing kategori. Setelah itu pembeli mengklik tombol "Beri penilaian".

Apabila feedback telah sukses diberikan, akan muncul informasi seperti ditunjukkan pada gambar dibawah.

Feedback seller4.png


Jika tidak muncul informasi seperti pada gambar, maka pembeli mungkin melakukan kesalahan dalam hal tidak memasukkan komentar atau tidak menilai 1 atau lebih dari 4 kategori tambahan.

Personal tools