Grading Uang Kertas

From Help

Jump to: navigation, search
menuju ke www.kintamoney.com
Lihat daftar artikel.

Berikut ini adalah grading uang kertas:

Grading unc.jpg

UNC (Uncirculated): Uang yang terpelihara secara sempurna, tidak pernah mengalami perlakukan tambahan baik oleh otoritas penerbitnya, kasir bank, masyarakat atau kolektor. Kertasnya bersih dan keras, tanpa ada perubahan warna. Ujungnya tajam dan membentuk sudut, tanpa tanda-tanda membentuk lingkaran. Uang kertas UNC memiliki kemilau alami sesuai aslinya.


Grading au.jpg

AUNC (About Uncirculated): Terlihat sebagai uang kertas yang sempurna, dengan sedikit perlakuan tambahan. Dapat berupa tanda lipatan akibat proses perhitungan oleh bank pada bagian sudutnya atau lipatan samar di tengah-tengah, tetapi jika kedua tanda itu ada maka tidak dapat disebut AUNC. Uang AUNC tidak terlipat, lipatan yang tegas biasanya akan merusak permukaan uang. Kertasnya bersih dan terang dengan kemilau sesuai aslinya. Sudut-sudutnya tidak melingkar.


Grading xf.jpg

EF atau XF (Extremely Fine): Uang kertas yang menarik, dengan perlakuan tambahan yang ringan. Bisa memiliki tiga lipatan samar atau 1 lipatan tegas. Kertasnya bersih dan terang dengan kemilau sesuai dengan aslinya. Kadang sudut-sudutnya menunjukan tanda-tanda melingkar yang samar.


9A-26a.jpg

VF (Very Fine): Uang kertas yang menarik, tetapi memiliki bukti perlakuan tambahan dan pemakaian yang lebih. Bisa memiliki sejumlah lipatan baik vertikal maupun horizontal. Terdapat sedikit pengotor kertasnya, atau kemungkinan coretan warna. Kertasnya relatif crispy / segar dan tidak terkulai. Tidak ada tanda-tanda sobekan di daerah pinggir, meskipun terlihat tanda bekas pemakaian yang samar. Sudut-sudutnya juga menunjukan tanda bekas pemakaian tetapi tidak seluruhnya melingkar.


1B-81a.jpg

F (Fine): Uang kertas yang terlihat jelas telah mengalami peredaran, dengan beberapa lipatan, kusut dan kerutan. Kertasnya tidak terlalu kotor, tetapi telah menunjukan tanda kelembekan. Tepi-tepinya menampakan tanda penanganan tambahan dengan sobekan ringan dibagian batas (margin). Sobekan tidak meluas hingga ke desain. Tidak ada lubang di tengah akibat lipatan. Warnanya jelas tetapi tidak terang. Satu/dua lubang staples tidak dapat dipertimbangkan sebagai pemakaian yang tidak biasa untuk uang kertas fine. Secara umum penampilanya masih menarik.


2D-7a.jpg

VG (Very Good): Uang kertas yang telah digunakan, memprihatinkan tetapi masih lengkap. Sudut-sudutnya menunjukan tanda-tanda pemakaian, melingkar, menakik, dan sobek, yang bisa meluas hingga ke desain. Mungkin terjadi perubahan warna. Mungkin terdapat noda. Lubang kecil muncul di tengah sebagai akibat lipatan yang berlebihan. Lubang staples dan peniti biasanya ada. Uang itu sendiri terlihat lunglai, tetapi tidak ada bagian-bagiannya yang hilang. Uang kertas dengan kondisi VG masih memiliki penampilan yang bukan tidak menarik.


Good.jpg

G (Good): Uang kertas yang jelas-jelas telah dipakai dan digunakan. Kerusakan normal akibat peredaran yang panjang jelas terlihat, dengan adanya lipatan, kusut, noda, lubang peniti, dan/atau lubang staples, kotor, perubahan warna, sobekan di tepi, lubang di tengah, sudut yang melingkar, dan keseluruhan penampilan yang tidak menarik. Tidak ada bagian besar dari uang itu yang hilang. Coretan/graffiti umumnya terlihat di uang kertas Good.


Poor.jpg

P (Poor): Sebuah "lap" dengan beberapa kerusakan akibat pemakaian, noda, bagian-bagian yang hilang, coretan/grafffiti, dan lubang besar. Mungkin ada isolatape yang menggabungkan bagian-bagian yang sobek. Pemotongan mungkin ada untuk menghilangkan tepian kasar. Uang kertas Poor diperlukan sekali hanya sebagai contoh atau "pelengkap" atau pada saat uang kertas tersebut diketahui merupakan satu-satunya yang tersisa dari suatu penerbitan.

Oleh: Budi Setiawan

Lihat pula

menuju ke www.kintamoney.com


Personal tools