Main Page

From Help

Jump to: navigation, search
Selamat datang di help.kintamoney.com. Portal informasi seputar kintamoney.com
Menu

Tentang lelang

Lelang.png

www.kintamoney.com adalah website lelang di mana orang bisa menjual barang apa saja yang ingin dijualnya baik secara lelang (auction-style format) atau dijual secara biasa (fixed price format - buy now).

Pilihan pertama adalah sistem lelang. Jika memakai sistem lelang, maka penjual memutuskan harga awalnya berapa. Kemudian orang akan berlomba-lomba memberikan penawaran tertingginya. Penawar tertinggi akan kemudian memenangkan barang tersebut.

Pilihan kedua adalah sistem transaksi jual beli biasa. Jika memakai sistem penjualan biasa, penjual cukup memutuskan berapa harga suatu barang dan pembeli cukup memutuskan untuk membelinya.

Pilihan ketiga adalah gabungan antara sistem lelang dan jual beli biasa. Dalam sistem ini, penjual pertama memakai sistem lelang yakni dengan menetapkan harga awal, kemudian calon pembeli akan berlomba-lomba memberikan penawaran. Bedanya dengan sistem lelang biasa, dalam pilihan ketiga ini penjual juga menetapkan harga beli yang umumnya diatas harga awal lelang. Apabila ada calon pembeli yang memutuskan untuk langsung membelinya tanpa mengikuti lelang, maka hal itu diperbolehkan.

Semua transaksi jual beli di website lelang dilakukan melalui web dan dijalankan secara otomatis oleh komputer. Komputer akan menetapkan pemenang, memulai lelang, menutup lelang, mengirimkan tagihan, mengirimkan email pemberitahuan barang terjual, pemberitahuan barang tidak terjual, dll. Jika suatu transaksi sudah terjadi yaitu pemenang lelang sudah diketahui atau suatu barang sudah terjual, langkah berikutnya adalah pembayaran yang dilakukan langsung kepada penjual. Penjual kemudian mengirimkan barangnya.

Beberapa keuntungan sistem lelang dengan komputer dibandingkan secara manual.

  • Lelang secara sistem dapat dilacak setiap saat, siapa penawar tertingginya, kapan bidnya dilakukan dan berapa penawarannya.
  • Bagi penjual, lelang tidak harus dilakukan dalam waktu tertentu saja. Dengan web lelang, kapan saja item mau dilelang tinggal didaftarkan.
  • Tidak usah pusing secara manual harus mencatat ratusan bahkan ribuan bid karena sudah ditangani oleh komputer.
  • Bagi penjual, tidak usah pusing melacak banyaknya item yang dilelang. Dengan komputer penjual bahkan bisa mendaftarkan ratusan bahkan ribuan item. Komputer yang akan mengurusinya untuk Anda.
  • Bagi pembeli, tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui apakah dia memenangkan lelang ketika lelang berakhir, karena pemenangnya akan bisa diketahui pada detik lelang ditutup.
  • Komputer akan secara otomatis mengirimi email bagi pembeli yang memenangkan item lelang, pembeli yang tidak memenangi lelang, penjual yang itemnya terjual ataupun yang tidak terjual sekalipun.


Personal tools