Uang Kertas Pertama dari pemerintahan Hindia Belanda (Netherlands Indies)

From Help

Jump to: navigation, search
menuju ke www.kintamoney.com
Lihat daftar artikel.


VOC Rijksdaalder 1799
Mei 2010
Oleh Johan Piers dan Rob Huisman

Pada akhir abad ke-18, uang kertas pertama muncul di Hindia Belanda. Uang kertas tersebut diterbitkan oleh Perusahaan Hindia Belanda (VOC) yang mewakili kepentingan Pemerintahan Belanda di Timur.

Banyak sekali uang yang hilang di perjalanan sewaktu pengiriman dari Belanda. Perang dengan Inggris menjadi faktor penghalang yang selalu menghambat pengapalan uang dari Belanda. Ketidakpastian kondisi politik di Eropa yang disebabkan oleh terjadinya revolusi Perancis dan perang antara Perancis dan Inggris, yang mengakibatkan pendudukan oleh Inggris atas wilayah kekuasaan Belanda di Timur dan Barat, benar benar membuat VOC jadi repot.

Akibatnya adalah mulai melemahnya VOC yang dimulai pada paruh kedua abad ke-18. Imbas berikutnya adalah terjadinya kelangkaan peredaran uang dan kelangkaan bahan baku untuk pembuatan mata uang logam, sehingga diterbitkanlah uang kertas pada tahun 1782. Uang tersebut diterbitkan pada masa dimana Perancis dan beberapa negara Eropa lainnya sepert Swedia, Denmark dan Inggris juga sedang memperkenalkan uang kertas.

Ditetapkan bunga obligasi sebesar (6%) pada pecahan 25,, 50 100, 200, 300, 400, 500 dan 1.000 rijksdaalder. Pada tahun 1873 tingkat bunga tersebut sudah tidak sesuai lagi. Akhirnya diterbitkanlah uang kertas dalam jumlah banyak, mulai dari pecahan 1 rijksdaalders sampai dengan 1.000 rijksdaalders.

Nilai tukar dari surat hutang terhadap uang kontan menjadi permasalahan yang pelik karena kondisi perusahaan VOC yang sangat lemah dan mengakibatkan depresiasi mata uang hingga mengakibatkan turunnya nilai tukar sampai dibawah 15 %.

Sesaat sebelum bangkrutnya VOC pada 1799, pemerintah Hindia Belanda menerbitkan emisi baru, bahkan selama pendudukan Perancis (atas nama Raja Lodewijk Napoleon) dan Pemerintahan pendudukan Inggris (atas nama perusahaan "English East India Company") sampai sekitar tahun 1810.

First voc papermoney.jpg First voc papermoney2.jpg

Contoh uang kertas pertama, Rijksdaalder tahun 1799, setara dengan 48 Stuiver Uang Netherlands Indies, yang diterbitkan di "Castle" di Batavia. Uang kertas tersebut dijamin keasliannya dengan diberi cap stempel VOC pada bagian muka dan belakang. Uang kertas ini dibuat secara manual (tanpa mesin) dan ditandatangani oleh Brongers, Brinkman dan Kleijnst(?).

Uang kertas yang sangat langka ini pernah ditawarkan untuk lelang pada rumah lelang "Collectplaza International Auctions" (http://collectplaza-auctions.com/auction/index.php?product=13395) pada tanggal 30 Mei 2010. Harga pembukaannya adalah 28.000 Euro (sekitar Rp 300 juta). Uang kertas tersebut tidak terjual.

Sumber: Gedenkboek van De Javasche Bank 1828-1928, L. de Bree, G. Kolff & Co, Weltevreden

Lihat pula

menuju ke www.kintamoney.com
Personal tools